Friday 27 June 2014

KHASIAT BUAH MENTIMUN

Mentimuntimun, atau ketimun (Cucumis sativus L.; suku labu-labuan atau Cucurbitaceae) merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Buahnya biasanya dipanen ketika belum masak benar untuk dijadikan sayuran atau penyegar, tergantung jenisnya. Mentimun dapat ditemukan di berbagai hidangan dari seluruh dunia dan memiliki kandungan air yang cukup banyak di dalamnya sehingga berfungsi menyejukkan. Potongan buah mentimun juga digunakan untuk membantu melembabkan wajah serta banyak dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi.
Buah berwarna hijau ketika muda dengan larik-larik putih kekuningan. Semakin buah masak warna luar buah berubah menjadi hijau pucat sampai putih. Bentuk buah memanjang seperti torpedo. Daging buahnya perkembangan dari bagian mesokarp, berwarna kuning pucat sampai jingga terang. Buah dipanen ketika masih setengah masak dan biji belum masak fisiologi. Buah yang masak biasanya mengering dan biji dipanen, warnanya hitam.

Timun merupakan sayuran keempat yang paling banyak ditanam di dunia. Selain itu, manfaat mentimun untuk kesehatan pun dikenal luas, sehingga sering disebut sebagai makanan super.
Sebuah situs bernama NaturalNews melansir beberapa manfaat kesehatan dari ketimun, agar masyarakat luas mengetahuinya, seperti di bawah ini:

Sumber vitamin B dan C
Ya, Mentimun adalah sumber yang baik dari vitamin B. Anda dapat mengambil sepotong mentimun sebagai camilan, dan rasakan manfaatnya. Kulit mentimun pun kaya vitamin C, hingga sebaiknya Anda makan mentimun dengan kulitnya pula.
Isi air dari mentimun hampir 95%, sehingga dapat membantu mencegah dehidrasi.

Merawat kulit terbakar. 
Kulit mentimun bisa digunakan sebagai obat untuk kulit yang terbakar akibat sinar matahari. Untuk kulit yang iritasi pun, kulit ketimun dapat membantu mengurangi efek sakitnya
Caranya cukup tempel kulit timun di bagian kulit yang sakit, lalu diamkan sampai beberapa menit.

Mata bengkak.
 Anda yang sering mengalami mata lelah dan bengkak, kompres mata dengan timun yang dipotong kecil. Timun memiliki sifat anti-inflamasi sehingga dapat mengurangi bengkak.

Melawan kanker.
Konten lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol pada ketimun telah terbukti dalam beberapa studi yang berkaitan dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, ovarium, kanker rahim, dan prostat.

Meredakan bau mulut. 
Ambil seiris timun, lalu masukkan ke mulut dan tekan pada langit-langit dengan lidah Anda. Biarkan 30 menit agar phytochemcials bisa bekerja membunuh bakteri penyebab bau mulut.

Merawat diabetes dan kolesterol. 
Jus mentimun dapat membantu pankreas memproduksi insulin, yang baik untuk penderita diabetes. Selain itu, jus timun pun mampu menurunkan kolesterol dan mengatur tekanan darah, baik itu darah tinggi atau darah rendah.


No comments: